Senin, 25 November 2013

Makna Peringatan Hari Guru Indonesia

Posted by SD RYS On 05.34
Hari Guru yang diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Nopember, tidak cukup sekedar memperingatinya secara seremonial, tetapi lebih dari itu, harus dijadikan momentum untuk refleksi dan reintrospeksi atas peran menjadi seorang guru.
Pilihan untuk menjadi guru tentu saja bukan tanpa alasan. Guru adalah profesi yang telah ada semenjak peradaban manusia itu ada. Bahkan guru menjadi salah satu penjamin keberlangsungan peradaban. Jika pilihan untuk menjadi guru itu tetap dijalani hingga kini, tentu saja karena atas dasar idealisme dan kecintaan.



Letakkan tulisan sobat blogger disini...!!!

Meski akhirnya harus diakui, bahwa masih ada dilemma antara idealisme/kecintaan dengan kesejahteraan, Ironi yang cukup lama bertahan mengenai sosok kehidupan seorang guru, dimana mereka harus menjalani hidup pas-pasan dan terkadang harus terseok-seok untuk bisa bertahan hidup, diri dan keluarganya. Namun, ironi tersebut kini perlahan-lahan mulai pupus ketika pemerintah memberi perhatian melalui alokasi anggaran negara untuk sektor pendidikan, sebagai upaya memenuhi amanat Undang-Undang Dasar 1945, yaitu dengan mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Sekarang ini, problematika guru pada tataran perjuangan meningkatkan kesejahteraan, mulai teratasi. Menjadi guru bukan lagi pilihan yang dilematis melainkan sebuah pilihan yang prestisius. Antara idealisme, kecintaan dan kesejahteraan kini bisa berjalan berdampingan. Guru kini dapat berjalan dengan tubuh tegak dan penuh kebanggaan. Bahkan melalui program sertifikasi, profesi profesi guru kemudian jadi pilihan dan incaran. Perguruan tinggi yang menyediakan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP), kini mulai diserbu ribuan pendaftar. Bahkan sarjana-sarjana dari jalur non kependidikan , kini mendaftar pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tujuannya utamanya : Menjadi Guru. Apakah karena pertimbangan idealisme, ataupun semata-mata peningkatan kesejahteraan yang menjanjikan ? Entahlah.
Semenjak penetapan guru sebagai profesi pada peringatan Hari Guru Nasional tahun 2004 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, pemerintah dan masyarakat memosisikan profesi guru sangat terhormat, baik secara formal maupun sosial, Penetapan ini diharapkan menjadi tonggak awal bangkitnya apresiasi pemerintah dan masyarakat terhadap profesi guru, yang ditandai dengan dilakukannya reformasi profesi guru, meliputi peningkatan kualifikasi dan kompetensi, program sertifikasi, pemberian penghargaan, perbaikan kesejahteraan dan perlindungan hukum.
Adanya peningkatan kesejahteraan bagi guru, tidak luput memunculkan kekhawatiran bergesernya orientasi ketika memilih profesi guru. Berlomba-lombanya orang untuk meraih profesi guru, semata-mata hanya karena janji pemerintah untuk memberikan penghargaan materi yang tinggi, dikhawatirkan melahirkan tenaga pendidik yang mengajar tanpa filosofi, idealisme dan kecintaan yang transenden (suci).
Oleh karena itu, merefleksikan 68 Tahun Hari Guru Indonesia, tidak lagi sekedar berbicara soal kesejahteraan guru, karena harapan untuk hidup layak dan terhormat, sudah didukung oleh perangkat kebijakan pemerintah. Pertanyaan yang penting dan mendasar sebagai bahan refleksi kita adalah “ Bagaimana menjadi guru sejati”. Guru yang benar-benar menjadi ’guru’, bukan lagi sekedar digugu dan ditiru (ditaati dan dicontoh), apalagi bukan sekedar “digugulung di juru” (dikerumuni para siswanya).
Meski masih tetap berhadapan dengan berbagai kebijakan dan isu politik pendidikan yang masih berorientasi pada kepentingan kekuasaan. Meski harus berhadapan dengan kenyataan bahwa guru “dipaksa” untuk menjadi robot kurikulum dan berbagai proyek berbiaya mahal yang mengatasnamakan gagasan peningkatan kualitas pendidikan nasional. Meski harus berhadapan dengan kenyataan bahwa pemerintah masih tetap ingin menyelenggarakan ajang Ujian Nasional (UN) yang konon dianggap pemerintah sebagai alat mengukur kepintaran anak didik. Guru harus tetap cerdas untuk menyiasati kebijakan tersebut tanpa kehilangan identitas dan kesejatiannya.
Guru sejati adalah sumber inspirasi bagi para anak didiknya. Guru sejati adalah ruang yang memberi keleluasan bagi anak didiknya untuk berinteraksi dengan kehidupannya. Guru sejati harus selalu menyediakan waktu untuk bermetamorfosis dari sekadar pengajar menjadi pendidik, pengukir sejarah, yang mengajarkan hikmah kepada para anak didiknya untuk menjadi manusia-manusia utuh dan memberikan keteladanan dalam kehidupannya. Guru sejati senantiasa mengasah diri lahir batin untuk dapat menjadi pribadi yang mampu mengenali setiap potensi para anak didiknya dan berkemampuan membangkitkan potensi tersebut. Guru sejati memiliki cara pandang yang luas buat mengelola dunia anak-anak agar menjadi anak-anak peradaban yang memiliki akar pada nilai-nilai agama dan budaya yang teguh, sekaligus mampu menjangkau peradaban global.
Guru sejati harus mampu membimbing anak didik menemukan konsep dirinya. Konsep diri adalah pandangan dan perasaan tentang diri kita (Jalaluddin Rakhmat, 2001 : 99). Konsep diri ini akan sangat menentukan tentang kepribadian kita sebenarnya. Salah satu faktor yang amat menentukan konsep diri seseorang adalah lingkungannya. Maka, guru yang baik, sejatinya mampu menciptakan lingkungan yang baik bagi anak didiknya untuk tumbuh dan berkembang. Senyuman, pujian, penghargaan dan pelukan pelukan kasih sayang seorang guru akan menciptakan konsep diri positif pada anak didiknya. Begitu pula ejekan, cemoohan dan hardikan akan membuat anak didik menilai dirinya secara negatif. Tulisan ini ingin diakhiri dengan kutipan bait-bait puisi yang dikarang oleh Dorothy Law Nolte berikut ini :
Anak Belajar dari Kehidupannya

Jika anak dibesarkan dengan celaan, ia belajar memaki.
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan, ia belajar berkelahi.
Jika anak dibesarkan dengan cemoohan, ia belajar rendah diri.
Jika anak dibesarkan dengan penghinaan, ia belajar menyesali diri.
Jika anak dibesarkan dengan toleransi, ia belajar menahan diri.
Jika anak dibesarkan dengan dorongan, ia belajar percaya diri.
Jika anak dibesarkan dengan pujian, ia belajar menghargai.
Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan, ia belajar keadilan.
Jika anak dibesarkan dengan rasa aman, ia belajar menaruh kepercayaan.
Jika anak dibesarkan dengan dukungan, ia belajar menyenangi dirinya.
Jika anak dibesarkan dengan kasih sayang dan persahabatan, ia belajar menemukan cinta dalam kehidupan.

Jumat, 15 November 2013

Jumat, 15 Nopember 2013, merupakan hari yang berbahagia bagi Daiki Maharudeika Shirota dan Ni Kadek Dea Monika ketika waktu membosankan menunggu giliran lomba dan waktu menunggu pengumuman hasil lomba komputer, waktu  yang membosankan bagi anak-anak SD Raj Yamuna yang mengikuti Lomba Tahunan yang bertajuk GRISDA COMPUTER COMPETITION YANG KE 8 Tingkat Kota Denpasar yang diselenggarakan oleh OSIS SMP PGRI 2 Denpasar dalam rangka memperingati Hari Guru dan Hari Pahlawan hilang menjadi kebahgian karena 2 dari anak-anak SD Raj Yamuna Mendapat JUARA I Bidang Lomba Microsoft Excel atas Nama DAIKI MAHARUDEIKA SHIROTA Dan NI KADEK DEA MONIKA sebagai Juara II Bidang Lomba Microsoft Power Point 2007.
GRISDA COMPUTER COMPETITION 8 merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan sebagai salah satu Program Unggulan dari OSIS SMP PGRI 2 Denpasar. Lomba ini sudah sampai pada tahun ke 8 yang rutin diselenggarakan setiap tahun.



Rabu, 13 November 2013


Kamis, 14 Nopember 2013, rombongan tim pengemba Bintek dari Provinsi Bali sebanyak 21 orang
 
kerkunjung ke SD Raj Yamuna dalam rangka observasi proses persiapan sampai pelaksanaan Akreditasi yang telah dilaksanakan di SD Raj Yamuna. Pada kesempatan itu ketua rombongan menanyakan apa kiat-kiat dari Kepala Sekolah kepada para guru di dalam sosialisasi dan persipan semua komponen akreditasi yang menyangkut ke 8 komponen, seperti Komponen Standari Isi, Standar Proses, Pengelolaan, Sarana-Prasarana, Standar Biaya, Standar Kelulusan, Standar Pendidik dan Kependidikan dan Standa Penilaian, itu semua di Paparkan langsung oleh Ibu Kepala Sekolah mengenai apa yang telah di laksanakan bersama guru-guru sampai pelaksanaan Akreditasi yang telah mendapat Nilai A.

Minggu, 03 November 2013


Setelah mengadakan evaluasi tengah semeter sebelum sekolah mengadakan libur hari raya galungan dan kuningan SD Raj Yamuna membagikan raport tengah semester kepada siswa yang diwakili oleh orang tua/wali siswa. Pembagian raport ini diadakan pada jumat, 18 oktober 2013 untuk anak Kelas I, II dan Kelas IV sedang Anak Kelas III, V dan VI Hari Sabtu, 19 Oktober 2013 di aula SD Raj Yamuna.
Sebelum pembagian raport diadakan acara workshop tentang Pendidikan Anak Jaman Sekarang dan Model Pendidikan E-Learning yang dibawakan oleh salah satu dari orang tua murid yang mempunyai keahlian tentang itu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh SD Raj Yamuna sebelum pembagian Raport dengan tujuan untuk saling mengisi dan ikut ambil peran di dalam tanggung jawab mendidik bagi anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa, disampin itu juga untuk lebih meningkatkan rasa kekeluargaan dan terjalin komunikasi yang baik antara para guru dan orang tua murid.
 Sebelum pembagian raport dimulai, acara di buka dengan sambutan  komite sekolah juga sebagi direktur LP3 Prsanthi Nilayam A.A.Ayu Arina Saraswati Hardy yang mengajak orang tua agar selalu mendukung semua aktivitas sekolah dalam memajukan dan meningkatkan prestasi sekolah dibidang akademik maupun non akademik.
Arina menyatakan bahwa “sebagai orang tua jangan sungkan dalam memberikan masukan kepada sekolah karena dengan masukan sekolah akan lebih bisa berkembang untuk peningkatan proses belajar mengajar di sekolah, selain itu juga tugas komite mencarikan dana untuk mengembangkan sekolah ini dan itu menjadi tugas kita bersama” ujarnya.
Masukan yang diberikan orang tua sangat mendukung sekolah ke arah yang baik kedepannya untuk itu sekolah memberikan formulir kepada seluruh orang tua murid untuk diisi agar sekolah mengatahui apa keluhan orang tua murid terhadap sekolah.
  • Swasti Astu

    Blogroll